Memandang Sesuatu dengan Tidak Kaku

Catatan pendek mengenai teori atau pedoman dalam pandangan.Tidak ada suatu kebenaran yang mutlak. Teori bisa berubah sesuai zaman, bertambah atau ter-upgrade, dan bermodifikasi dengan keadaan. Melihat dari cara memandang komunikasi dari teori-teori yang ada, tidak ada teori komunikasi yang benar-benar mutlak. Teori pada ilmu komunikasi banyak dan berupa pandangan-pandangan yang tidak baku. Satu teori berkata A, satu teori berkata B, dan juga kritik-kritik yang timbul terhadap suatu teori, dapat menjadi suatu teori yang baru. Memandang teori mengikuti Robert T. Craig yang berkata, “Saya mengambil pandangan pragmatik dari sebuah teori. Tidak ada satu pun teori komunikasi yang benar, tetapi banyak teori yang bermanfaat untuk menjelaskan permasalahan-permasalahan tertentu. Semakin banyak teori, semakin banyak pilihan untuk memecahkan masalah yang berbeda”.

Dalam kehidupan, terdapat banyak hal yang terkadang menghasilkan opini-opini yang mengacu kepada kebenaran. Bagaimana baiknya? Seperti apa kebenarannya? Pedoman atau teorinya  yang baik dan benar itu seperti apa?

Tidak ada pedoman yang selalu sama dan baku untuk sesuatu. Untuk sehat dan terhindar dari penyakit, tidak selalu harus berolahraga. Untuk membuat suatu masakan yang enak, tidak selalu menggunakan bumbu penyedap. Bahan-bahan yang segar dan secukup garam, gula, dan merica bisa membuat makanan enak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s