Catatan-Catatan dari Dale Carnegie

image

Dale Carnegie adalah seorang ahli public speaking dan motivator dan juga pelatih dari Amerika Serikat. Banyak buku yang sudah diterbitkannya, salah satunya yang berjudul How to Win Friends and Influence People yang diterbitkan pada tahun 1936. Buku ini menjabarkan cara-cara berhubungan, bersosialisasi, dan berkomunikasi dengan melihat dari inti dasar motivasi pada diri seseorang. Buku yang merupakan karya klasik ini diterbitkan kembali dalam edisi baru dimana disesuaikan dengan zaman digital yang telah berkembang dengan muculnya berbagai macam alat atau teknologi dalam berkomunikasi. Pada zaman sekarang-era digital ini, dunia komunikasi berkembang begitu pesat dengan berbagai inovasi. Walaupun begitu,  uraian-uraian dan ajaran Carnegie masih tetap berlaku walau cara komunikasi dan media penyampaiannya sudah berkembang sangat jauh.Berikut ini catatan-catatan atau kutipan dari Dale Carnegie yang terasa sangat penting dan mendasar mengenai berkomunikasi.

“Anda bisa mendapatkan lebih banyak teman dalam waktu dua bulan dengan menjadi lebih tertarik kepada orang lain dibandingkan dua tahun Anda mencoba membuat orang lain tertarik kepada Anda.”

Bab Sentuh Keinginan Inti
Rasanya cukup mengganggu menyaksikan walaupun jutaan dolar sudah dihabiskan untuk branding dan pemasaran, banyak dari uang tersebut dihabiskan untuk memenuhi keinginan sang penyampai pesan, bukannya keinginan inti sang penerima pesan. ……kita menghabiskan lebih banyak waktu untuk membentuk dan memoles citra tersebut ketimbang untuk meyakinkan apakah citra itu benar-benar penting bagi mereka yang Anda tuju.” (Hal 43)

Bab Menaruh Minat Terhadap Orang Lain
Saya tidak mendapatkan reputasi itu dengan menggelar seminar hipotek gratis atau memasang wajah saya yang percaya diri dan dapat dipercaya di papan iklan besar di jalan,” ujar Beecham. “Saya mendapatkannya dengan membantu orang lain bukan untuk bisnis. Karena itulah Thoreau menulis, ‘Kebaikan adalah satu-satunya investasi yang tidak pernah gagal.” (Hal 62)

Senyuman. Ia meningkatkan nilai wajah Anda. (Hal 80)

Salah satu pelajaran utama yang dipelajari oleh seorang politikus adalah : “Mengingat nama pemberi suara adalah sikap kenegarawan. Dengan lupa, kita menjadi terlupakan.” (Hal 87)

Nama adalah merek dagang seseorang. Selain hadiah kehidupan, nama adalah hadiah berikutnya yang didapatkan seseorang. (Hal 92)

Bab Menyimak Lebih Lama
Dengan menyimak kita mendapat kekuatan untuk mengubah hati dan pikiran. Selain itu, menyimak adalah kekuatan untuk memberikan apa yang sangat diinginkan orang lain-untuk didengar dan dimengerti. (Hal 97)

…”sepertinya kau tahu segalanya tetapi kau tidak tahu bahwa kau membosankan. Dan aku tahu itu!” (Hal 105)

Ronald Reagan dikenal sebagai “Komunikator Hebat” karena dia dapat berpindah dari kelemahan pembelaan diri…kemudahan dalam meminta maaf. “Tangan kanan kami tidak tahu apa yang sedang dilakukan tangan kanannya yang jauh.” (Hal 158)

Katun : Bahan Kehidupan kita.
(Hal 211)

Manusia tidak ingin diperlakukan sebagai komoditas, …..Manusia ingin merasa penting, dan cara terbaik menunjukkannya….memperbolehkan mereka terhubung dengan sebuah kisah yang lebih besar. (Hal 210)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s