REKAP KULIAH SEMESTER 2 (FEBRUARI-JUNI 2015), Catatan-Catatan dan Daftar Istilah

Jurnal yang terlambat untuk dituliskan, Tapi lebih baik daripada ga sama sekali. Semester lalu, ada 4 mata kuliah yang dipelajari, yaitu Teori Organisasi dan Manajemen, Statistik Sosial, Ekonomi Manajerial, dan Komunikasi Organisasi. Teori Organisasi dan Manajemen membahas mengenai manajemen perusahaan atau organisasi secara umum, bagaimana mengelola sumber daya atau pekerja dan bagaimana mengelola pekerjaan dan mencapai tujuan secara efektif, serta juga membahas mengenai strategi-strategi yang sebaiknya diterapkan perusahaan agar dapat berjalan secara efisien. Ekonomi Manajerial membicarakan mengenai manajemen ekonomi perusahaan, terutama perusahaan-perusahaan media atau yang bergerak di industri komunikasi dan media. Kemudian, Komunikasi Organisasi mengulas mengenai komunikasi dalam organisasi, yang jika secara umum bisa dibilang humas dalam organisasi, tapi secara khusus dan lebih dalam membicarakan mengenai komunikasi-komunikasi yang terjadi dalam organisasi dan bagaimana hubungan-hubungan yang terbentuk melalui dasar komunikasi yang terjalin.

Statistik Sosial membicarakan mengenai statistik, yaa statistik-hitung-hitungan atau kalkulasi. Di sini dipelajari perhitungan data sosial secara statistik, contohnya menghitung bagaimana voting dalam pemilu, memperkirakan bagaimana tingkat kepuasan konsumen terhadap suatu produk, dan juga menggambarkan demografi kebiasaan suatu penduduk. Intinya menggambarkan sesuatu keadaan sosial yang ada atau fenomena sosial yang terjadi melalui data secara matematis hitung-hitungan. Mungkin bisa dikatakan mengkuantitatifkan sesuatu yang kualitatif. Memang statistik dasar untuk melakukan penelitian kuantitatif yang bersifat hitung-hitungan dan juga penelitian terhadap suatu permasalahan akan lebih baik atau lengkap jika dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Melalui kuantitatif mendapatkan gambaran umum keadaan sosial secara data-data berupa angka yang bersifat pasti dan melengkapinya interprestasi atau pemahaman secara kualitatif. Ilmu ini bisa dibilang keren dan oke punya karena bisa memperhitungkan dan memprediksi selera pasar untuk penjualan produk, bagaimana perhitungan vote kampanye politik, menggambarkan keadaan sosial suatu masyarakat, apakah bersifat liberal, konservatif, dan juga menganalisis citra artis atau publik figur untuk penggunaan brand ambassador dari sisi konsumen atau khalayak. Semua perhitungan atau kalkulasi dan analisis data bisa didapatkan melalui program yang bernama SPSS. Yaa disinilah konflik mulai muncul, penggunaan SPSS dan pembacaan data yang telah dikumpulkan yang sulit.

Berikut ini rincian, catatan atau daftar istilah-istilah berdasarkan Mata Kuliah :

Teori Organisasi dan Manajemen

  • Organisasi
  • Pendekatan Klasik menurut Frederick W. Taylor (1856-1915)
  • Pendekatan Neo Klasik menurut Elton Mayo (1927-1932) : pendekatan secara humanis atau sosial dilihat dari interaksi sosial yang terjalin antara pekerja dalam organisasi, teori yang baru ini tidak lagi seperti teori klasik yang menganggao manusia sebagai mesin dalam bekerja tapi juga mempunyai hati atau dan membutuhkan sosialiasi.
  • Pendekatan Modern menurut Woodward (1950an)
  • Pendekatan Post Modern menurut Joo Hatch (1990an)
  • McKinsey’s 7S Framework : kerangka McKinsey mengenai organisasi
  • Teori organisasi klasik menurut Frederick W. Taylor, bagaimana pelaksanaan atau pengelolaan pekerjaan dalam organisasi dirumuskan dengan Organisasi = volume pekerjaan dibagi dengan kapasitas kerja.
  • Lingkungan dalam organisasi : internal, mikro, dan makro
  • Boundary Spanning : pertukaran informasi dalam organisasi yang dibutuhkan jika organisasi menghadapi perubahan atau ketidakpastian dalam lingkungan
  • Buffer : peredam, bagian atau departemen dalam organisasi yang dimaksudkan untuk meredam ketidakpastian yang dapat terjadi dari lingkungan.
  • Perekrutan : “pengangkatan eksekutif”, interlocking directorate, “kooptasi”
  • Komunikasi dalam Organisasi : “jaringan”, “selentingan”, “konflik”
  • Pengendalian : “pengendalian pasar”, “pengendalian birokrasi”, “pengendalian klan”
  • Wewenang vs Kekuasaan
  • Kewenangan Hierarkis
  • Efisiensi vs Efektivitas
  • Leadership
  • Entrepreneurs
  • Kunci-kunci Sukses : Benchmarking, Six Sigma, Kaizen, Blue Ocean Strategy,….

Ekonomi Manajerial Industri Komunikasi

  • Manajerial Economics : studi atau ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai penggunaan sumber daya secara efisien untuk meraih tujuan dalam manajemen
  • Profit vs Loss
  • Opportunity Cost : pilihan-pilihan dalam hidup yang akan dipilih, bagaimana mengalokasikan biayanya. Contoh memilih untuk berinvestasi sebesar 100 juta untuk mendirikan restoran atau membuat deposito. Biaya yang dikeluarkan ini yang dinamakan opportunity cost-biaya kesempatan
  • Konsumsi, Produksi
  • Supply, Demand
  • Market Value
  • Optimasi, Effisiensi
  • Accounting Profits : keuntungan secara pencatatan atau penjurnalan akuntansi yang melihat kepada gambaran realitas cash yang tersedia-melihat keadaan keungan yang lalu yang memang secara realita ada atau pernah ada dari neraca atau laporan rugi laba tahun lalu yang biasa dilakukakan atau dibukukan atau dibuat laporannya tahun ini
  • Economic Profits : keuntungan dari angan-angan atau harapan investasi dimana saat ini menurut akuntansi belum dicatat profit karena secara cash belum ada uangnya, tapi secara angan-angan atau harapan atau pemikiran positif yang biasa dimiliki oleh pebisnis bakal ada
  • Elastisitas
  • Cost in the Short Run, Cost in the Long Run
  • Fixed Cost, Variable Cost
  • Total Cost, Average Cost, Marginal Cost
  • Advertising : product differentation, price discrimination
  • Eksternalisasi
  • Niche Market
  • Strategi-strategi : overallcost leadership, differentiation, focus

Komunikasi Organisasi

  • Komunikasi organisasi (Goldhaber) : proses penciptaan dan pertukaran pesan-pesan di dalam jaringan hubungan-hubungan yang interdependen untuk mengatasi ketidakpastian lingkungan
  • Aliran Informasi : serentak, beurutan, pola roda, pola lingkaran
  • Jaringan Komunikasi : Anggota Klik (se-geng), Penyendiri, Jembatan, Penghubung, Penjaga Gawang, Pemimpin Pendapat, dan Manusia Kosmopolitan
  • Arah Aliran Komunikasi : upward, downward, dan lateral
  • Metakomunikasi : komunikasi secara nonverbal atau komunikasi yang maknanya tidak terdapat pada kata. Contoh : simbol ibu jari untuk OK, simbol peace, dan alis yang berkerut saat orang marah, serta kata-kata yang maknanya ambigu.
  • Grapevine : rumor, selentingan yang disebut grapevine karena bentuk atau arah komunikasi yang terjadi merambat ibarat akar-akar pohon anggur
  • Dyadic Communication : komunikasi antara 2 individu
  • Defensive Climate vs Supportive Climate
  • Teori X vs Teori Y (McGregor)
  • Iklim Organisasi, Iklim Komunikasi, Iklim Komunikasi Organisasi
  • Budaya Organisasi
  • Audit Komunikasi

Statistik Komunikasi

3 area dalam statistik, yaitu statistik digunakan untuk mengkoleksi dan mengklasifikasi, menggambarkan dan menyajikan data, dan menginterpretasi dan menggambarkan konklusi.

  • Analisis data
  • Probabilitas (kemungkinan, peluang)
  • Statistik Inferensial
  • Data : raw material atau bahan mentah yang dikumpulkan yang belum diolah
  • Mean (rata-rata), Median (nilai tengah), dan Modus (yang paling banyak)
  • Hubungan : Perbedaan (Diferensiasi) dan Pengaruh (Asosiasi dan Korelasi)
  • Pengukuran Bivariate dan Pengukuran Multivariate
  • Signifikansi
  • Strenght (kekuatan)
  • Direction (arah)
  • Skala Pengukuran : Nominal, Ordinal, Interval, dan Rasio
  • Regresi Linear : mengukur hubungan-hubungan antar variabel
  • Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda
  • Analisis Cluster : menggelompokkan berdasarkan kesamaan
  • Analisis Diskriminan : mengelompokkan setiap objek ke dalam dua atau lebih kelompok-membedakan
  • Analisis Faktor : mereduksi data, meringkas sejumlah variabel-faktor yang ada
  • Path Analysis : menidentifikasi jalur penyebab suatu variabel tertentu
  • Variabel Exogenus danVariabel Endogenus
  • Variabel Laten (Unobservable Variable) : variabel yang masih abstrak yang tidak dapat diukur, yang masih berupa “konsep” yang tidak memiliki “indikator”
  • Variabel Intervening : variabel perantara
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s