Mengulas “Legion” Lagi, Sebuah ‘Love Story’ pada Kisah Manusia Berkekuatan Super

..But then all this love bullshit.” -Lenny Busker, Chapter 6-

 

170208-legion-newsjpg.jpeg

Apa cinta itu? Apakah cinta sebenarnya adalah suatu ilusi? Perasaan cinta sebenarnya adalah suatu emosi yang timbul dalam diri seseorang yang pada akhirnya akan menimbulkan ilusi-ilusi tertentu. Yaaa jika sedang jatuh cinta, kita akan memikirkan hal-hal baiknya saja tentang seseorang. Biasanya apa yang kita pikirkan tentang seseorang itu bukan yang sebenarnya terjadi atau yang sebenarnya mengenai orang tersebut. Perasaan atau emosi kasih sayang terhadap seseorang akan menimbulkan bias dalam pikiran kita.

Pada episode pertama Legion (2017), kita akan melihat David Haller seorang shizophreniac yang memiliki ketidakstabilan mental yang cukup parah hingga ia lama menetap di Clockworks Psychiatric Hospital. Hingga suatu hari datang seorang pasien baru yang bernama Syd Barret, seorang gadis yang cantik yang tidak mau disentuh. David pun jatuh cinta, tanpa mengetahui bahwa Syd sebenarnya sama dengan dirinya seorang mutant dan memiliki kekuatan dapat bertukar jiwa jika, bersentuhan kulit dengannya. Hal yang menarik adalah visualisasi yang secara cerdas disajikan oleh Noah Hawley yang menggambarkan bagaimana pikiran dan imajinasi David saat ia memiliki crush dengan Syd. Pegambilan visual dengan adengan Bollywood dance, adegan David dengan Syd diiringi lagu The Rolling Stones-She’s a Rainbow, dan wajah Syd yang baur dengan cahaya dibelakangnya saat adegan sharing dengan dokter. Visuali-visualisasi disajikan dengan simbolik mengenai cinta dan ilusi yang menggambarkan pikiran dan emosi yang dirasakan David.

Syd-Illusion-Legion.jpg

Pada Legion sendiri sebenarnya, love story bukan hanya pada David dan Syd. Legion sebenarnya mengenai love story yang terjadi dan dialami oleh karakter-karakternya sebagai mutant atau manusia berkekuatan super. Melanie Bird yang bukan mutant, memimpin dan mengelola markas mutant, sebenarnya karena memiliki pengabdian dan cintanya kepada suaminya Oliver. Ptonomy, mutant dengan kekuatan manipulasi memori yang selalu kembali ke masa lalu dimana ia melihat bayangan ibunya yang meninggal tiba-tiba saat sedang mencuci piring dari bawah meja. Ptonomy bisa menghapus memori menyedihkan atas kehilangan ibunya ini, tapi ia justru memilih untuk kembali kepada memori itu karena rasa bersalah yang sebenarnya didasari cinta dan kasih sayang kepada ibunya. Kemudian, yang paling menarik adalah duo Cary dan Kerry (Cary Loudermilk, Kerry Loudermilk) yang saling berempati dan memiliki kemampuan mutant untuk masuk kedalam tubuh masing-masing.

Legion sebenarnya adalah love story. Noah Hawley berhasil membuat kisah superhero yang lain dari biasanya. Kisah pada manusia super atau mutant pada Legion tidak hanya mengenai melawan villain, tapi banyak menggambarkan mengenai cinta, harapan, dan ilusi atau pemikiran yang sebenarnya tertanam dalam pikiran setiap orang. Hawley mengajak penonton untuk melihat gambaran-gambaran absurd dan penuh warna melalui kacamata David, seorang mutant dengan kekuatan pikiran dan imajinasi yang laur biasa. Kemudian, menggambarkan dan memberikan pertanyaan mengenai kenyataan yang sebenarnya terjadi.

Pada pihak antagonis, juga digambarkan mengenai love story. Pada episode akhir, pihak pemerintah yang awalnya menangkap David (interogator pada episode 1) yang bernama Clark kembali untuk mengkonfrontasi mutant dan David, dimana Clark memiliki suami yang mencintainya. Clark terkena luka bakar parah akibat David kabur dengan mengeluarkan kekutana pyrokinesis, hingga ia berhasil kembali pulih dan mendapati dirinya yang memiliki luka bakar setengah wajah dan tubuhnya. Motivasi Clark untuk kembali kepada David karena untuk membalas dendam dan merasa sedih karena suaminya setiap hari menangisi dirinya (percakapan Clark dengan wanita pegawai pemerintah saat baru sembuh dan akan kembali bekerja di lapangan).

Hal yang paling menarik kita akan melihat dari sisi villain yang tidak memiliki cinta atau memilih untuk tidak mempunyai cinta. Lenny Busker atau Shadow King memanipulasi pikiran David selama ini dan hidup sebagai parasit didalamnya. Lenny ternyata adalah true villain selama ini dan bukanlah sidekick. Lenny hidup didalam pikiran David, bukan sebagai lover atau partner, tapi sebagai parasit dimana David menjadi inang-untuk mencapai tujuan-tujuannya. Hal ini terlihat dari episode 7 (chapter 7) saat Group Therapy dimana Lenny berpura-pura menjadi psikiater dan genk mutant adalah pasiennya. Lenny berusaha dengan logis memanipulasi para karakter dengan pertanyaan-pertanyaan mengenai emosi mereka yang sebenarnya digerakkan oleh emosi karena cinta. Melanie galau karena suaminya Oliver, Ptonomy yang ga bisa move on dari kematian ibunya, Dua Cary dan Kerry yang selalu nempel dan berduaan kemanapun dan dimanapun. Hal yang paling berkesan adalah saat adegan terakhir pecakapannya dengan David. Lenny atau Shadow King sebenarnya mengenai power and control. Lenny merasa cinta yang dirasakan David dan Syd akan merusak kepentingannya atau sebagai halangan bagi tujuannya. Kehadiran Syd membuat David mengetahui dan sadar mengenai jati dirinya yang sebenarnya yang membuat Shadow King tidak dapat lagi memanipulasi pikiran David.

Legion, menjadi suatu serial dari genre superhero dengan nuasana yang unik dan mengambil penceritaan dengan penuh makna. Noah Hawley sebenarnya sedang membuat love story. Apakah sebenarnya cinta itu, sebuah emosi, pikiran atau ilusi semata, dan apakah benar-benar dapat menyelematkan kita atau mengubah diri kita menjadi lebih baik. Merujuk pada Chapter 5 scene David dan Syd white room, David memainkan banjo dan menyanyikan lagu The Rainbow Connection untuk Syd yang sebenarnya berhubungan dengan Chapter 1 dengan lagu She’s a Rainbow. Rainbow atau pelangi adalah bisa yang dihasilkan dari cahaya, David menggambarkan perasaannya kepada Syd sebagai suatu pelangi . Melihat dari sumber cerita asli Legion yang mengenai David Haller dan pikiran atau imajinasinya. Kita dibuat bertanya-tanya apakah cinta yang sebenar-benarnya itu. Suatu ilusi dalam pemikiran.

David Play BAnjo

Why are there so many songs about rainbows and what’s on the other side?
Rainbows are visions, but only illusions, and rainbows have nothing to hide
So we’ve been told and some choose to believe it
I know they’re wrong wait and see

Someday we’ll find it, …..the rainbow connection……The lovers, …… the dreamers and me….” –David playing banjo, Chapter 5-

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s